SISTEM INFORMASI E-COMMERCE
Nama : Solikhati
Nim : 201653121
Kelas : 1B
Mata kuliah : Konsep Sistem Informasi
Konsep Dasar Sistem
Menurut Sutabri (2012:2) “Terdapat dua kelompok pendekatan
di dalam pendefinisian sistem, yaitu kelompok yang menekankan pada prosedur dan
kelompok yang menekankan pada elemen atau komponennya”.
Pengertian Sistem
Menurut Fathansyah (2012:11)
“Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan yang terdiri atas sejumlah komponen
fungsional (dengan satuan fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan dan
secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses tertentu”.
Pengertian
Sistem Informasi
Menurut
Sutabri (2012:22):
Sistem
Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi
yang bersifat manajerial dengan dengan strategi dari suatu organisasi untuk
dapat menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak luar tertentu.
Pengertian E-Commerce
Menurut
David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a
dynamic set of technologies, applications, and business process that link
enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the
electronic exchange of goods, services, and information”. E-Commerce
merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang
menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi
elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan
secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2). Sedangkan menurut
Roger Clarke dalam “Electronic Commerce Definitions” menyatakan
bahwa e-commerce adalah “The conduct of commerce in goods and
services, with the assistance of telecomunications and
telecomunications-based tools” (e-commerce adalah tata cara
perdagangan barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi dan telekomunikasi
sebagai alat bantunya). (http://www.anu.edu.au/people/Roger.Clarke/
EC/ECDefns.html, diakses tanggal 22 April 2007) dalam (http://freshhealty-apple.blogspot.co.id/2011/03/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli.html).
Jenis-jenis E-Commerce
1.
(B2C)
Business To Consumer
Bisnis
yang dilakukan antara pelaku dengan konsumen seperti produsen yang menawarkan produk
kepada konsumen secara online.
2.
(C2C)
Consumen To Consumen
Bisnis
yang dilakukan oleh konsumen dengan konsumen. Misalkan pelanggan dari produsen
yang akan menjualnya kembali kepada konsumen lainnya.
3.
(C2B)
Consumen To Business
Bisnis
yang dilakukan oleh konsumen dengan produsen. Misalnya konsumen memberitahukan
barang atau jasa yang diperlukan melalui media internet kepada produsen.
Kelebihan
E-Commerce
1.
Memudahkan
dalam berbelanja
Tanpa
harus keluar rumah dan jalan kesana-kesini dan muter-muter mall, kita dapat
mudah berbelanja cukup dengan duduk manis dimana saja untuk memilih apa saja
yang diperlukan.
2.
Memudahkan
dalam bertransaksi
Tidak
perlu membayar dan meminta kembalian secara langsung. Transaksi jual-beli ini
dapat dengan mudahnya transfer uang melalui budget.
3.
Terbuka
kapan saja
Pada
proses belanja e-commerce dapat
dilakukan selama 24 jam setiap hari tanpa ada batasan waktu.
Kelemahan
E-Commerce
1.
Mahalnya
biaya pembuatan sistem e-commerce.
2.
Kurangnya
kepercayaan terhadap produk yang akan dibeli oleh konsumen. Misalnya tidak
sesuainya barang yang diharapkan.
3.
Ketidak
tepatan waktu pengiriman barang kepada konsumen.
Semoga bermanfaat
dan sekian dari saya.. terimakasih… J
By Sollykha
No comments:
Post a Comment